Rayakan Hari Tari Sedunia, Google Doogle Hadirkan Tari Rangkuk Alu

Tari Rangkuk Alu menjadi ikon Google Doodle pada Hari Tari Sedunia tanggal 29 April ini.

Secara khusus selama 24 jam, Google memasang doodle Tari Rangkuk Alu, tarian yang diadaptasi dari permainan tradisional di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Rangkuk berarti membenturkan, sementara alu adalah alat menumbuk padi secara tradisional.

Tarian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa batang bambu yang disusun menjadi kotak-kotak, lalu dibenturkan dengan membuka dan menutupnya mengikuti irama tarian. Kaki penari akan berada di salah satu kotak, dan melompat mengikuti irama agar tidak terjepit bambu yang dibenturkan. Irama batang bambu bersama gemulai dan ketangkasan, penari menghasilkan melodi yang sangat indah.

Sejumlah penyanyi kadang-kadang ikut menemani, sambil memainkan alat musik lain seperti gong dan drum kecil.

Hari Tari Sedunia diperingati setiap tanggal 29 April untuk mempromosikan seni tari ke seluruh penjuru dunia, dan sekaligus membangkitkan kesadaran orang akan nilai-nilai di balik sebuah tarian.

Siapapun dapat menari, baik secara professional maupun amatir, dan semua orang dapat menikmatinya. Tak jarang menari menjadi cara mengkomunikasikan emosi, yang jauh lebih dalam dari bahasa.

Hari Tari Sedunia dinilai sebagai penghargaan dan pengakuan bagi jutaan orang dari beragam generasi yang mendedikasikan hidup mereka untuk seni yang penuh pesona ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *