Pilkada Manggarai Timur, Peluncuran Jadwal dan Tahapan Pilkada 2024 Diwarnai Banyak Kursi Kosong

Banyak kursi tamu undangan yang kosong saat KPU Manggarai Timur meluncurkan Jadwal dan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur pada Pilkada serentak Tahun 2024.

Peluncuran ini berlangsung di Aula Kevikepan Borong, Golo Lada, Kecamatan Borong, Selasa 30 April 2024 sore.

Terlihat acara peluncuran itu dimulai sekitar pukul 15.00 Wita. Tempat duduk atau kursi yang disediakan panitia untuk tamu undangan tidak ditempati alias kosong. Kehadiran para undangan sangat kurang.

Acara ini dihadiri oleh Ketua KPU Manggarai Timur Jefri Guido Bedo bersama anggota Kepala Devisi KPU Manggarai Timur, Pj Bupati Manggarai Timur Boni Hasudungan Siregar bersama para staf ahli dan Asisten Sekda, perwakilan Bawaslu Manggarai, Wakapolres Manggarai Timur Kompol Mateus Cono, Danramil 1612-04 Borong Kapten CBH Jemy Lawalata.

Hadir juga tokoh masyarakat, tokoh agama, sejumlah demisioner KPU Manggarai Timur, sejumlah pimpinan Partai Politik, dan sejumlah organisasi keagaman, Sekertaris KPU Manggarai Timur Egidius Asa bersama staf.

Acara peluncuran ini juga dimeriahkan oleh para musisi Manggarai Timur dengan nama KPU Band. Acara peluncuran yang berlangsung hanya sekitar 1 jam lamanya dipandu oleh master of ceremony (MC) Narsi Baharu dan Erlin Making.

Ketua KPU Manggarai Timur dalam kesempatan itu, mengatakan, Pilkada serentak akan berlangsung pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Hal ini merupakan agenda penting yang wajib dijalankan baik di tingkat nasional maupun daerah.

Sejak Manggarai Timur menjadi daerah otonom sendiri pada tahun 2007 lalu, hingga saat ini sudah memasuki kali ke-4 pelaksanaan Pilkada. Harapan seluruh masyarakat Manggarai Timur agar Pilkada ini untuk masyarakat menentukan hak-hak politik secara langsung, inklusif dan demokratis serta Pilkada ini harus berlangsung umum, bebas dan rahasia.

Karena itu, diharapkan juga Pilkada ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan sukses.

“Suksesnya Pilkada Manggarai Timur tidak terlepas dari dukungan semua pihak baik Pemda, TNI/Polri, Tokoh masyarakat, tokoh agama, peserta Pemilu, insan pers serta seluruh lapisan masyarakat. Jangan kita mudah terpancing dan terprovokasi dengan berita-berita hoax. Pilkada adalah momen pesta demokrasi 5 tahunan akan tetapi hubungan sesama kita terus terjalin sampai menutup mata,”Ujarnya.

Jefri juga menerangkan, peluncuran Pilkada ini menginformasikan bahwa jadwal dan Tahapan Pilkada sudah dimulai sekaligus memberikan pendidikan politik bagi semua masyarakat.

“Untuk mencapai puncak pilkada 27 November, tentu membutuhkan proses jadwal dan tahapan yang membutuhkan partisipasi kita semua untuk menyukseskan Pilkada ini dan menjadikan Pilkada ini sebagai pesta demokrasi untuk lebih mempererat hubungan tali persaudaraan kita,” ujarnya.

Penjabat Bupati Manggarai TimurBoni Hasudungan Siregar, dalam sambutanya, menyampaikan terima kasih kepada KPU, masyarakat dan seluruh stakeholder yang mengambil bagian secara aktif pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu. Pemilu lalu berjalan dengan jujur, adil, berintegritas dan berkeadilan.

“Hal ini terbukti dari seluruh daerah di NTT, ada dua kabupaten saja yang tidak melaksanakan PSU yaitu salah satunya adalah Manggarai Timur yang tidak melaksanakan PSU,” ujarnya.

Boni juga mengatakan, setelah dievaluasi pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 lalu, salah satu poin adalah partisipasi pemilih. Dimana dari 219 ribu lebih pemilih tingkat partisipasinya hanya disekitar 75 persen atau sekitar 54 ribu pemilih tidak menentukan hak suaranya atau tidak mencoblos.

Terkait dengan hal ini, kata Boni, perlu dilakukan evaluasi sehingga nantinya tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada serentak tahun 2024 khususnya di Kabupaten Manggarai Timur meningkat.

“Kita masih punya waktu untuk melakukan evaluasi terkait hal ini, agar partisipasi pemilu Kepala Daerah meningkat,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *