Penyebab Komputer atau Laptop Hang dan Cara Mengatasinya

Laptop hang adalah kondisi di mana layar laptop atau komputer Anda menjadi freeze atau tidak bergerak.

Dalam situasi yang cukup ringan, mungkin hanya aplikasi tertentu yang hang. Namun bisa cukup menyusahkan ketika seluruh aktifitas laptop terhenti.

Kondisi ini membuat Anda tidak bisa menggerakkan kursor, mengetik, atau menggeser-geser tab aplikasi.

Lantas, apa yang menyebabkan laptop menjadi hang dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab laptop atau komputer hang

Mengutip laman Live Wire, penyebab paling umum komputer hang atau freeze berkaitan dengan perangkat lunaknya, seperti:

Software yang digunakan tidak kompatibel dengan sistem Anda Aplikasi yang terjebak dalam looping File yang rusak, seperti driver perangkat yang salah. Virus atau malware yang masuk ke memori sistem yang dilindungi atau menimpa file sistem yang sensitif.

Namun, penyebab lainnya bisa juga disebabkan oleh masalah perangkat keras seperti hard drive atau kartu memori yang rusak.

Jika memori yang rusak berisi kode boot apa pun yang terkait dengan sistem operasi, komputer bisa menjadi hang dan berpotensi tidak dapat melakukan booting kembali.

Tips mengatasi laptop hang

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah laptop yang hang atau freeze:

1. Berikan waktu sejenak

Dilansir dari laman PCMag, ketika Anda melakukan tugas yang memberatkan CPU, terkadang laptop akan hang atau terhenti sejenak, namun itu bukan macet secara permanen.

Jika demikian, beri waktu beberapa saat bagi laptop Anda mengejar ketinggalan dan menyelesaikan pekerjaannya. Apalagi aktivitas Anda menghabiskan seluruh RAM.

2. Periksa sambungan periferal

Pastikan periferal yang terhubung berfungsi dengan baik. Sesuatu mungkin terputus memberikan ilusi bahwa komputer Anda macet, padahal inputnya tidak berjalan baik.

Selidiki semua yang terhubung ke komputer Anda, pastikan mouse, keyboard, dan trackpad semuanya berfungsi dengan baik.

3. Matikan aplikasi yang hang

Jika laptop Anda hang, tekan Ctrl + Shift + Esc pada keyboard Anda untuk membuka Task Manager dan melihat daftar program yang sedang berjalan.

Jika ada yang tidak merespons, pilih dan klik tombol “end task”.

Untuk pengguna Mac dapat membuka Launchpad > Other > Activity Monitor. Klik pada suatu program yang eror dan tekan tombol X di bagian atas jendela untuk menutupnya.

4. Periksa task manager browser

Terkadang, komputer berjalan dengan baik, tetapi browser Anda macet. Dalam skenario tersebut, laptop mungkin memberi tahu Anda bahwa browser Anda tidak merespons.

Di Chrome dan Edge, tekan Shift + Esc untuk melihat Task Manager browser. Di Firefox, Anda dapat mengklik tombol menu dan membuka Alat Lainnya > Pengelola Tugas.

Ini akan menunjukkan berbagai proses yang berjalan di browser, yang memberi informasi tentang halaman yang mungkin dibekukan, atau menggunakan banyak CPU dan memori.

5. Restart laptop atau komputer

Dilansir dari laman Electric, jika komputer Windows Anda benar-benar macet dan Ctrl + Alt + Del tidak berfungsi, lakukan hard reset dengan menahan tombol daya hingga komputer mati.

Tunggu beberapa detik sebelum menyalakan kembali komputer. Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat menekan dan menahan tombol Command + Control + Power hingga komputer mati.

Setelah dimatikan, lepaskan tombol selama beberapa detik lalu tekan tombol Daya untuk menghidupkan kembali komputer.

6. Cek update

Jika laptop Anda berjalan lambat atau sering hang, mungkin disebabkan oleh perangkat lunak yang ketinggalan jaman atau pembaruan yang dihapus.

Buka pengaturan di komputer Anda dan instal pembaruan apa pun yang tersedia, lalu mulai ulang komputer.

Selain mengatasi masalah komputer yang hang, menginstal pembaruan saat sudah tersedia juga dianggap sebagai praktik terbaik keamanan siber.

7. Pindai malware dan virus

Potensi penyebab komputer hang lainnya adalah adanya malware atau virus. Pindai komputer Anda untuk memeriksa infeksi apa pun yang menyebabkan masalah.

Komputer Mac dan Windows memiliki opsi pemindaian dalam pengaturan keamanannya, atau Anda dapat menggunakan aplikasi pemindai virus lain.

Anda harus selalu memperbarui perangkat lunak antivirus dan melakukan pemindaian rutin untuk mengidentifikasi masalah yang memengaruhi kinerja laptop.

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *