Pembelajaran di Masa Depan, Pakai Teknologi VR Hingga AI

  • Bagikan

Jakarta, – Seiring berkembangnya teknologi, tren pembelajaran juga mengalami kemajuan yang pesat. Mulai dari sistem yang berubah hybrid hingga pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif.

pembelajaran-di-masa-depan-pakai-teknologi-vr-hingga-ai
Pembelajaran di Masa Depan, Pakai Teknologi VR Hingga AI (Foto: Dok. Shinta VR)

Berkat teknologi, kondisi pembelajaran di era pandemi bisa beradaptasi dengan sistem online. Bahkan hingga saat ini, pembelajaran online terus mengalami perkembangan mulai dari media hingga perangkat yang digunakan.

Tidak menutup kemungkinan, hal tersebut akan terus berkembang dan tren pembelajaran di masa depan akan semakin maju. Kira-kira apa saja tren pembelajaran yang akan berkembang?

Merangkum laman resmi Universitas Bina Nusantara (Binus), Selasa (9/11/2021), berikut 5 tren pembelajaran di masa depan.

5 Tren Pembelajaran di Masa Depan:

1. Kolaborasi

Ketika belajar, seseorang perlu melengkapinya dengan orang lain agar semakin banyak sudut pandang. Dengan kata lain, dibutuhkan kolaborasi agar bisa menemukan solusi persoalan yang beragam.

Di masa depan, pembelajaran tentang kolaborasi sangat diperlukan ketimbang saling menggurui. Hal itu dikarenakan dalam kehidupan nyata dibutuhkan kolaborasi untuk saling mendorong kesadaran belajar bersama.

Seperti kolaborasi lintas bidang dalam dunia ilmiah modern misalnya. Seseorang yang tergabung dalam sebuah project sains teknologi, tentunya tidak hanya ahli sains saja yang tapi juga orang dari lintas bidang ilmu lain perlu ikut berkolaborasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Inspirasi Belajar dari Usia Muda

Tidak heran jika pendidikan masa depan akan dimulai dari usia yang semakin muda. Hal ini karena, anak-anak kecil saat ini semakin mudah mengadopsi dan menyimpan informasi serta mengembangkan minat mereka.

Saat anak tumbuh dan mulai menjelajahi dunia di sekitar mereka, bisa menggunakan pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Teknik, Matematika) untuk mendidik anak-anak dan menginspirasi mereka agar semangat belajar.

Kesadaran ini juga akan dibarengi dengan pendekatan pendidikan yang tak lagi mendikte berdasarkan sistem tapi membimbing berdasarkan bakat atau kecenderungan yang mereka sukai.

3. Pembelajaran Online yang Berkembang Pesat

Pendidikan berbasis online atau e-Learning menjadi tren baru dalam dunia pendidikan selama pandemi. Pembelajaran online pada awalnya dilakukan untuk belajar mandiri, namun saat ini telah berkembang pesat.

Perkembangan tersebut diperkaya sumber belajar yang luas, video menarik dan kurikulum yang melengkapi buku teks yang digunakan siswa di sekolah.

Di masa depan, perkembangan ini akan semakin pesat sehingga bisa menciptakan lingkungan belajar online yang menyenangkan dan menarik serta menyimpan informasi menjadi lebih mudah dipelajari.

Pembelajaran tak lagi hanya fokus pemberian tugas tertulis tapi juga melalui pendekatan terhadap persoalan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menggunakan VR untuk Belajar

Berkembangnya teknologi juga memungkinkan perangkat belajar siswa di masa depan berubah. Bukan tak mungkin di masa depan siswa akan menggunakan peralatan teknologi yang canggih seperti Virtual Reality (VR).

VR akan menjadi hal yang menarik bagi siswa dan bisa membuat pembelajaran menjadi konkret, tidak lagi abstrak.

VR memungkinkan siswa dapat belajar dalam lingkungan yang sepenuhnya digital. Selain itu, VR juga memungkinkan guru untuk membawa mereka dalam petualangan pembelajaran yang hebat tanpa harus meninggalkan kelas.

Misal saat siswa dapat melihat dengan jelas bagaimana tata surya di semesta dengan melakukan perjalanan melalui ruang angkasa di pesawat ruang angkasa VR, atau untuk menjelajahi seluk-beluk tubuh manusia.

Dengan Teknologi VR, pembelajaran bisa mendorong berkembangnya imajinasi dan proses belajar yang lebih berkualitas.

5. Pembelajaran dengan Teknologi AI

Tak hanya VR, Teknologi Artificial Intelligence (AI) jika bisa menjadi tren pembelajaran di masa depan. AI bisa mengubah cara guru mengajar, memetakan kebutuhan dan menganalisisnya.

Tentunya hal ini akan mengoptimalkan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

Dengan mengadopsi teknologi dalam pembelajaran, pengajar bisa selangkah lebih maju untuk memudahkan proses belajar siswa serta memberikan hasil yang lebih baik dibanding sebelumnya.

LIHAT TEKNOLOGI TERBARU SAAT INI DISINI

sumber :detikcom

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *