Mudah! Begini Cara Melihat Respon Google Form di HP

  • Bagikan

Penggunaan HP tidak hanya sebagai alat komunikasi, namun mempermudah pekerjaan di Google Form. Berikut cara melihat respon Google Form di HP.



unsplash.com


Google formulir atau yang biasa dikenal dengan Google Form, merupakan suatu perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google LLC dan menjadi bagian rangkaian penyunting dokumen. Software ini dapat Anda gunakan secara gratis. Dari formulir ini, Anda dapat menampilkan semua fitur yang ditemukan di Document, Spreadsheet, dan Slide. Banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat suatu kuesioner digital karena dapat melihat hasilnya secara langsung dengan mudah, berikut adalah cara membuat formulir dan cara melihat respon Google Form di HP.

Cara Membuat Formulir di Google Form di HP

Bagi Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi, maka penggunaan HP akan sangat mempermudah pekerjaan Anda. Karena pada dasarnya, HP merupakan perangkat keras yang ringan dan mudah untuk dibawa kemanapun, tentunya juga tidak terlalu memakan banyak tempat. Terlebih lagi jika Anda ingin bekerja secara outdoor, melakukan pekerjaan menggunakan Google Form pun sangat tepat. Berikut adalah cara membuat formulir dengan Google Form.

  1. Apabila belum memiliki Google Form, Anda dapat mendownloadnya di Play Store.

  2. Buatlah akun terlebih dahulu setelah membuka aplikasinya dan lakukan login Gmail.

  3. Sekarang Anda dapat membuat formulir dengan tap ikon Plus di pojok kanan bawah.

  4. Anda dapat membuat form baru dengan klik Blank form atau memilih template yang sudah ada.

  5. Isilah judul dan deskripsi formulir.

  6. Klik ikon Plus untuk menambahkan pertanyaan dan respon yang diinginkan.

  7. Apabila Google Form sudah selesai dibuat, Anda dapat klik Submit dan akan muncul pop-up dengan berbagai opsi.

  8. Pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, lalu klik Submit.

  9. Formulir sudah selesai dan siap dibagikan ke responden Anda, caranya dengan Copy Link.

Setelah formulir selesai dibuat dan dibagikan kepada responden, Anda hanya tinggal menunggu para responden mengisi form tersebut. Apa langkah selanjutnya untuk melihat hasil pengisian form?

Cara Melihat Respon Google Form di HP

Jika semua responden sudah mengisi Google Form, Anda dapat melihat dan mengolah hasil respon mereka. Caranya pun sangat mudah dan sederhana melalui ponsel Anda.

  1. Pada halaman utama, pilih formulir yang ingin Anda lihat hasilnya.

  2. Pilih opsi View Responses.

  3. Setelah itu akan muncul jendela baru, yaitu hasil respon berdasarkan summary atau rata-rata jawaban dan per individu. Pada langkah ini, Anda dapat melihat ringkasan dari hasil dalam bentuk result, bar chart dan pie chart.

  4. Anda juga dapat melihat hasil respon dalam Spreadsheet, yaitu dengan cara Export.

  5. Kemudian akan muncul pop-up dialog, pilihlah Google Sheet (untuk opsi ini, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Google Sheet).

Manfaat Penggunaan Google Form

Ketika Anda menggeluti dunia administrasi, mungkin software atau inilah yang tepat untuk digunakan karena dapat mempermudah pelaksanaan survei karena Anda hanya perlu membagikan satu link untuk semua responden. Selain itu, Anda juga dapat membuat, mengoleksi, dan mengumpulkan data secara real time. Terlebih lagi pada situasi saat ini yang harus menjaga jarak satu sama lain, penggunaan kertas dan alat tulis akan sangat berpengaruh pada penyebaran virus. Penggunaan Google Form ini juga dapat menghemat konsumsi kertas, tinta, waktu, dan tenaga.

Demikian cara melihat respon Google Form di HP. Selain di hp, respon dari Google Form dapat dilihat dari laptop. Tentunya, jika Anda membuka form dari laptop, tampilannya akan lebih sempurna. Silakan ikuti langkah-langkah di atas untuk mempermudah pekerjaan Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *