KPU Bersiap Menggelar Pilkada Serentak 2024, Pendaftaran Mulai 24 Agustus, Berikut Jadwal Lengkapnya

Usai Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai bersiap untuk menggelar pemilihan kepala daerah serentak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan jadwal sekaligus tahapan Pemilihan Pilkada Serentak 2024.

Ketetapan tersebut diatur pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Pemungutan suara di TPS, untuk Pilkada 2024 akan berlangsung pada 27 November 2024.

“Persiapan menuju Pilkada kita mengacu pada PKPU nomor 2 tahun 2024. Di mana kita melakukan tahapan persiapan. Dimulai pada tahapan perencanaan yang telah dilakukan dengan penetapan dana hibah,”kata Komisioner KPU Bangka Barat, Devisi Perencanaan Data dan Informasi, Dwi Aprianto, kepada Bangkapos.com, Jumat (15/3/2024) di tempat kerjanya.

Selanjutnya, dikatakan Dwi, pada April 2024 memasuki tahapan pembentukan badan Ad hoc serta dilanjut penyerahan daftar penduduk potensial pemilih yang akan diverifikasi menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT) sampai dengan Mei.

“Pada tahapan penyelenggaraan Agustus dibuka pengumuman pendaftaran pasangan calon. Dan penetapan pasangan calon pada September dan November, kita melaksanakan tahapan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara,” katanya.

Dwi menambahkan, dari kegiatan Pemilu 2024, pihaknya mengharapkan Pilkada tahun ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Sementara, Ketua Bawaslu Bangka Barat, Deni Ferdian, melakukan kegiatan evaluasi mengumpulkan anggota Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu), pada Jumat (15/3/2024) di Kantor Bawaslu Babar.

Dalam kesempatan itu, Deni mengevaluasi terkait kinerja sejumlah Panwaslu yang telah berjibaku melaksanakan tugas pada Pemilu, dan selanjutnya menghadapi Pilkada.

“Kita melakukan evaluasi kinerja, karena telah banyak memori dan yang kita lewati, baik di lapangan maupun di kantor suka maupun duka,” kata Deni.

Ia menyampaikan, terkait masa kerja badan Ad hoc, berakhir sampai bulan April. Panwaslu Kecamatan di Bangka Barat, berakhir, dan kedepan menunggu regulasi terbaru untuk Pilkada.

Deni mengucapkan, terima kasih terkait semua petugas Panwaslu, yang selama ini telah bergabung dan membantu mensukseskan pesta demokrasi.

“Alhamdulilah Pemilu di Bangka Barat, berjalan aman dan kondusif. Tetapi, ada catatan kami, baik ke pimpinan Panwaslu kecamatan, yang akan evaluasi , terkait kinerja maupun loyalitasnya,” katanya.

Berikut Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

-Pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan, Minggu 5 Mei hingga Senin 19 Agustus 2024

-Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon, Sabtu 24 Agustus hingga Senin 26 Agustus 2024

-Penelitian Persyaratan Calon, Selasa 27 Agustus hingga Sabtu 21 September 2024

-Penetapan Pasangan Calon, Minggu 22 September 2024

-Pelaksanaan Kampanye, Rabu 25 September hingga Sabtu 23 November 2024

-Pelaksanaan Pemungutan Suara, Rabu 27 November 2024

-Penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, Rabu 27 November hingga Senin 16 Desember 2024.

Sumber: KPU Bangka Barat

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *