Indonesia Vs Vietnam, Jangan Emosi, Waspada Permainan Jahil, Garuda!

Legenda timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro, meminta Tim Garuda mewaspadai permainan jahil Vietnam saat menjalani laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga ini menentukan kelanjutan nasib Indonesia di babak kualifikasi. Sebab, pada dua laga sebelumnya, skuad Shin Tae-yong hanya memetik hasil minor, kalah dari Irak (1-5) dan imbang melawan Filipina (1-1).

Hasil itu membuat Indonesia menjadi tim juru kunci Grup F dengan perolehan satu poin saja. Adapun Vietnam berada di peringkat kedua dengan tiga poin, hasil dari kalah saat melawan Irak (0-1) dan menang atas Filipina (2-0).

Jika berhasil menyapu bersih kemenangan melawan Vietnam, peluang Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya akan semakin besar. Sebab, lawan saat ini menjadi tim yang diunggulkan menemani Irak lolos ke kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Mengingat pentingnya laga ini, Widodo C Putro berharap pemain bisa tampil habis-habisan sampai titik darah terakhir. “Melawan Vietnam, mereka harus berjuang yang keras agar dapat memenangi pertandingan,” ucap pelatih Arema FC itu.

Termasuk totalitas juga ditunjukkan dengan bermain fokus. Pemain harus mampu berkonsentrasi dari awal sampai akhir pertandingan. Imbauan tersebut tidak jauh dari cerita rivalitas antara Indonesia dan Vietnam, selalu banyak drama yang terjadi di dalam lapangan.

Tidak jarang pemain Garuda terpancing pada situasi yang menguras emosi sehingga kehilangan konsentrasi dalam pertandingan. Masalah konsentrasi ini juga sering menjadi batu sandungan yang membuat Vietnam lebih superior dari Indonesia dalam dua dekade terakhir.

“Berjuang keras ini meliputi semangat, harus disiplin, tidak terpancing emosi,” kata Widodo C Putro. “Bukan berarti takut. Mainkan sesuai dengan yang dikehendaki pelatih,” katanya. Sementara itu, soal peluang menang, ia sangat optimistis, lebih tepatnya mengharuskan Marselino Ferdinan dkk harus menang.

“Harus menang, kan main di kandang, didukung semua elemen. Wajib menanglah,” katanya. Indonesia dan Vietnam akan menjalani partai tandang-kandang sekaligus dalam waktu yang berdekatan. Laga pertama, timnas Indonesia akan menjadi tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta (21/3/2024) besok malam. Di laga kedua, Vietnam menjadi tuan rumah dan menjamu Merah Putih di Stadion My Dinh Hanoi Rabu (26/3/2024) mendatang.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *