Cara Mengatasi Microsoft Office Terkunci

  • Bagikan

Mungkin Anda pernah atau sedang mengalami masalah Microsoft Office terkunci dan tidak bisa diketik. Jangan panik! Berikut cara mengatasinya.



unsplash.com

 

Microsoft Office merupakan bagian dari Microsoft 365 yang dibuat oleh perusahaan Microsoft. Perangkat lunak ini banyak dipakai di lingkungan perkantoran. Microsoft Office didesain agar dapat dioperasikan pada sistem Windows, Linux, dan Mac OS X. Walaupun sudah banyak penggunanya, Microsoft Office juga memiliki kendala seperti Microsoft Office terkunci sehingga user tidak dapat mengetik.

Microsoft Office yang sangat familiar adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point. Software ini berguna untuk mengolah, menyimpan, dan mengkombinasikan data berbentuk dokumen. Data digital yang dapat diolah dalam Microsoft Office adalah huruf, angka, hingga gambar.

Jenis dan Fungsi Microsoft Office

Microsoft Word

Ms Word biasa digunakan untuk mengetik suatu dokumen dalam bentuk kata seperti penelitian skripsi, surat, laporan pertanggung jawaban, dan lainnya. Untuk mengetik suatu dokumen pada Ms Word, Anda hanya perlu membuka aplikasi Ms Word dan pilih Blank document. Dalam Ms Word, Anda juga dapat mengolah data dengan template yang sudah disediakan seperti template CV, daftar isi, laporan budgeting, dan template lainnya.

Microsoft Powerpoint

Ms Power Point merupakan software yang biasa digunakan untuk melakukan presentasi dalam bentuk slide. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat slide presentasi dengan mudah dan profesional. Dengan tampilan per slide, user dapat dengan mudah mengatur materi yang akan disampaikan, memudahkan audiens untuk memahami materi presentasi karena hanya menampilkan poin utamanya, dan membuat penyajian materi lebih berkesan apalagi jika ditambahkan dengan animasi-animasi menarik di dalamnya.

Microsoft Excel

Software ini memudahkan Anda dalam mengolah data yang banyak dan Anda ingin membuat ringkasan data sesuai yang diinginkan. Bagi para pekerja dan mahasiswa, Excel sangat membantu saat akan menganalisis data dan menyajikan data dalam bentuk diagram maupun grafik. Ketika menggunakan Ms Excel, Anda akan terbiasa dengan tampilan row dan column yang banyak.

Mengatasi Microsoft Office Terkunci

Pernahkah Anda mengalami masalah pada Microsoft Office? Seperti Microsoft office terkunci yang mengakibatkan Anda tidak dapat mengetik. Jangan panik, berikut ini adalah cara mengatasinya.

Restart Komputer

Restart komputer mungkin merupakan seperti jalan ninja ketika gadget sedang mengalami hang. Dan biasanya suatu aplikasi akan berjalan normal kembali setelah gawai di restart. Hal ini bisa saja terjadi karena kemungkinan ada program service yang tidak berjalan dengan baik.

Menonaktifkan Protected View Ms Word

Be careful – files from the Internet can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in Protected View, itulah tulisan yang menandakan bahwa kemungkinan Protected view pada Microsoft Anda sedang aktif. Dan untuk mematikannya, Anda dapat klik File dan pilih Options. Lalu, Pilih Trust Center, Trust Center Settings dan masuk ke fitur Protected View.

Anda dapat menghilangkan tanda ceklis pada fitur:

  • Enable Protected View for files originating from the Internet.

  • Enable Protected View for files located in potentially unsafe locations.

  • Enable Protected View for Outlook attachments.

Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturannya.

Ubah Format Dokumen

Saat akan menyimpan dokumen yang sudah diketik, Anda dapat memilih format file sesuai kebutuhan. Langkah ini juga dapat mengatasi masalah Microsoft Office terkunci. Anda dapat mengubah format file menjadi Rich Text Format atau RTF.

Beralih ke Google Docs

Apabila Ms Word Anda masih bermasalah, tidak ada salahnya beralih ke Google Docs. Penggunaannya pun gratis, Anda dapat mengoperasikannya di laptop, komputer, tablet, ataupun smartphone. Format penyimpanan file pun memiliki pilihan di antaranya .docx, .pdf, dan lainnya.

Demikianlah jenis dan cara untuk mengatasi Microsoft Office terkunci ketika Anda sedang mengetik. Microsoft Office yang tidak bisa dioperasikan dengan baik juga dapat dipengaruhi oleh Microsoft Office yang belum diaktivasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *