Bima Arya Ingin Kewenangan Sekolah Tingkat SMA Kembali ke Daerah: Sekarang Kita Tak Bisa Apa-Apa

  • Bagikan



Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH – Wali Kota Bogor Bima Arya berharap kewenangan sekolah tingkat SMA sederajat dikembalikan dari Provinsi ke pemerintah daerah.

Hal ini berkaitan dengan optimalisasi pengawasan sekolah tingkat SMA sederajat demi mengantisipasi kenakalan pelajar dengan harapan kejadian siswa SMK tewas di Kota Bogor tak lagi terulang.

“Ini harus Mahkamah Konstitusi. Kalau saya ingin kewenangan itu dikembalikan lagi ke kepala daerah, sekarang kan kita tidak bisa apa-apa,” kata Bima Arya kepada wartawan, Minggu (19/3/2023).

Dia menjelaskan bahwa saat ini, sekolah tingkat SMA atau SMK sederajat ketika ada masalah, sistem punishment atau sanksinya ada di provinsi, sedangkan lokasinya di daerah.

Menurut Bima, sistem ini harus dievaluasi secara mendasar.

“Ada masalahnya ke kita, tetapi penerimaannya, sanksinya di provinsi. Saya kira sistem ini tidak betul, sistem ini harus dievaluasi secara mendasar, harus ada langkah-langkah konstitusional untuk mengubah aturan ini, mengembalikan lagi kepada kabupaten kota,” kata Bima Arya.

Jika punya kewenangan terkait sekolah tingkat SMA sederajat, kata Bima Arya, dirinya akan menerapkan sanksi tegas untuk sekolah yang muridnya terlibat kenakalan remaja demi mencegah peristiwa yang menimbulkan korban jiwa terulang.





Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *