Baling-Baling Muter Bikin Helikopter Terbang, Kenapa ?

  • Bagikan
kenapa-baling-baling-muter-bisa-bikin-helikopter-terbang-cara
Kenapa Baling-Baling Muter Bisa Bikin Helikopter Terbang? (Foto: Pixabay)

Bogor, Ada benda gede yang punya baling-baling, gimana cara baling-baling yang nggak seberapa besar dan cuma muter-muter itu doang bisa mengangkat beban yang berat banget bikin terbang kesana kemari, desain awal helikopter modern Igor Sikorsky Rusia.

Apakah ada semacam tali tersembunyi nyangkut dari atas langit atau ada makhluk gaib di baliknya ?, tentu tidak karena ternyata cara kerjanya itu enggak seperti itu.

Jawabannya itu sebenarnya simpel, ada dibentuk baling-baling yang melengkung di atas dan rata di bawah. Simpelnya gini bentuk baling-baling yang kayak gitu. Ternyata itu bisa ngehasilin gaya dorong keatas yang cukup besar untuk ngangkat badan dengan motor super kenceng bikin terbang.

Cara kerja baling-baling itu nyedot banyak udara dan tekanan udara yang tinggi. Itu akhirnya bisa ngedorong helikopter untuk bisa terbang tapi kalau masih ribet dan bingung.

Coba bayangin aja kemarin kita waktu kecil yang kalau kita Puter di itu bakal terbang kepohon tetangga dan ya untuk istana sampai berbulan-bulan.

Tapi kenapa kita nyiapin helikopter padahal sudah ada pesawat yang logikanya sama-sama bisa terbang ke angkasa, kalian mesti tahu meski cara kerjanya itu mirip-mirip mereka punya fungsi yang berbeda.

Jadi kalau tadi heli butuh gaya dorong ke atas pesawat itu justru butuh gaya dorong ke depan. Makanya pesawat itu enggak bisa seenak jidatnya muter-muter maju mundur cantik atau diam di tempat kayak heli ini.

Kalau gitu yang ada pesawatnya malah nyungsep ke bawah. Inilah yang bikin helikopter juga kendaraan yang tak perlu lintasan super panjang dan bisa datang ke tempat super terpencil atau bahkan nolongin orang tenggelam di tengah laut.

Igor Sikorsky

Mengutip Channel Youtube KokBisa?, itu semua nggak bisa lepas dari orang Rusia Igor Sikorsky yang ternyata udah punya desain awal helikopter modern sejak tahun 1931. Seiring berjalannya waktu udah makin canggih dan cepat.

Saat ini dunia bahkan punya salah satu heli tercepat yang punya dua buah baling-baling otomatis yang ngasiih gaya dorong lebih besar.

igor-sikorsky
Igor Sikorsky X2 (Foto: wired.com)

Atau bahkan ini juga heli asal Rusia yang beratnya hampir sama dengan 140 singa Afrika sering digunakan angkut barang berat untuk kebutuhan militer dan sipil

rusia-mil-mi-26
Mil mi-26 Rusia (Foto: jetphotos.com)

BACA JUGA : Seberapa Kuat Militer Indonesia ?

Kita jadi kepikiran, Apakah helikopter bisa terbang ke luar angkasa ?, sayangnya jawabannya enggak, simpelnya karena baling-baling menjadi kunci utama

Helikopter itu buat terbang ternyata emang butuh udara yang mustahil didapetin di atas sana. Apalagi di luar angkasa yang jelas-jelas hampa udara.

Tapi meski begitu saat ini orang-orang di Nasa lagi ngembangin helikopter yang bisa terbang di Mars. Meski terbangnya bukan dari bumi.

Jadi sekarang kita tau gimana cara kerja baling-baling helikopter putaran yang kenceng bikin tekanan udara yang akhirnya bisa ngangkat kan.

(KokBisa?)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *